MAN Purbalingga Optimistis Hasil Akreditasi Tahun 2019 Lebih Baik

PURBALINGGA – Kepala MAN Purbalingga, Jawa Tengah, Muhammad Alwi, mengatakan MAN Purbalingga optimistis mendapatkan nilai lebih baik pada penilaia akreditasi oleh BAN Provinsi Jawa Tengah pada periode ini.

Keyakinan ini muncul karena selama 5 tahun telah melakukan peningkatan di berbagai sektor penunjang pendidikan. 

“Kami optimis untuk mendapatkan nilai baik. Karena MAN Purbalingga terus melakukan peningkatan diberbagai hal, baik fisik maupun akademik,” katanya usai mengikuti pembukaan penilaian Tim Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) tingkat Provinsi Jawa Tengah di ruang Auditorium MAN Purbalingga, Senin (29/7/2019) kemarin.

Menurutnya, kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung bukti-bukti fisik yang akan disesuiakan dengan data atau laporan tertulis yang sudah dinilai sebelumnya.

“Sekarang adalah penilain fisik. Tim BAN akan menilai secara langsung bukti-bukti peningkatan fisik yang dilakukan oleh lembaga pendidikan MAN Purbalingga,” katanya.

Alwi menjelaskan MAN Purbalingga telah melakukan penambahan 5 lokal ruang belajar. Kemudian pengadaan mobil opersional kegiatan sekolah dan penambahan areal lahan 380 ubin, yang rencananya untuk mengembangkan pondok pesantren tahfidzul Quran.

“Semua yang sudah dilakukan dan diadakan atau dibangun oleh sekolah akan diaudit dan diuji material. Dan untuk yang berkaitan dengan akademik diantaranya krikulum, penilaian dan kualitas pengajaran,” jelasnya.

Humas MAN Purbalingga, Sholihin, menambahkan bahwa MAN Purbalingga telah membuka 3 kualivikasi jurusan. Pertama kelas jalur regular, kedua jalur khusus dan ketiga jalur khusus prestasi mandiri.

“Hampir setiap tahun jumlah pendaftar MAN Purbalingga meningkat, bahkan sempat juga menolak karena sudah melebihi kapasitas. Tahun ini meluluskan 351 anak dan menerima 490 anak untuk ditempatkan di 12 kelas,” ungkapnya.

Sholihin juga meyakini MAN Purbalingga akan mendapatkan nilai lebih baik pada akreditasi yang berlangsung dua hari (29-30/72019) ini. Karena menurutnya peningkatan mutu dan kualitas proses belajar mengajar di MAN Purbalingga dilakukan terus menerus.

Sumber : timesindonesia.co.id

Leave a Reply