Raih 5 Medali MAN Purbalingga Siap Bersaing di Tingkat Provinsi

Purbalingga – Sebagai Madrasah peraih medali terbanyak pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Purbalingga yang digelar beberapa waktu lalu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga  telah berbenah menghadapi event yang sama di tingkat provinsi. Kesiapan para siswa MAN Purbalingga yang akan menjadi duta KSM pada ajang bergengsi tahunan tersebut disampaikan Kepala Madrasah, Mohamad Alwi di ruang kerjanya, Senin (5/8/2019).

Alwi yang juga Ketua Komite KSM Kabupaten Purbalingga menjelaskan, persiapan menghadapi lomba di tingkat provinsi sudah dilakukan.

“Kami sudah siap menghadapi kompetisi yang akan digelar 15 Agustus mendatang di Kebumen. Para siswa telah dibekali melalui latihan bersama para guru pembina KSM,” jelasnya.

Ia menambahkan, tidak ada pembinaan secara khusus yang dilakukan oleh Komite KSM kepada para peserta di tingkat kabupaten. Para siswa pemegang medali KSM berlatih dan melakukan persiapan menghadapi lomba bersama para guru di madrasah masing-masing.

Menurutnya, terkait tempat dan waktu penyelenggaraan kegiatan KSM tingkat provinsi sampai saat ini belum ada perubahan. Kegiatan pembukaan akan digelar di MTs Negeri 1 Kebumen, sedangkan pelaksanaan lomba akan mengambil tempat di beberapa lokasi yang akan ditetapkan oleh panitia penyelenggara.

Ia menjelaskan, sesuai keputusan Ketua Komite KSM Kabupaten Purbalingga yang ditandatangani 20 Juli 2019, sejumlah 5 orang siswa-siswi MAN Purbalingga meraih kejuaraan pada 4 cabang lomba yang berbeda.

“Kita berhasil meraih Juara 1 pada 2 cabang yaitu Biologi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi. Juara 2 kita raih pada cabang Geografi Terintegrasi juga. Sedangkan pada cabang Ekonomi Terintegrasi dan Kimia Terintegrasi ,  2 orang siswa kita berhasil mempersembahkan Juara 3,”  urainya.

Para siswa MAN Purbalingga yang berprestasi dan akan melaju ke ajang KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah tersebut adalah :

  1. Wahyu Tri Bagus Budiono (Juara 1 / Biologi Terintegrasi     )
  2. Rizki Nur Apriliawan           (Juara 1 / Geografi Terintegrasi )
  3. Nadia Kharisma Utami       (Juara 2 / Geografi Terintegrasi )
  4. Gusti Nabhan Taftazani      (Juara 3 / Ekonomi Terintegrasi )
  5. Vira Amelia Saharani          (Juara 3 / Kimia Terintegrasi      )

Target Nasional

Selaku Ketua Komite KSM Kabupaten, Alwi berharap kontingennya akan mampu bersaing di tingkat provinsi. Ia bahkan berkeinginan para siswa khususnya duta KSM MAN Purbalingga dapat merebut kejuaraan di tingkat nasional. Meski demikian ia tidak mematok berapa raihan medali yang ditargetkannya karena materi soal-soal di tingkat nasional menurutnya masih sulit untuk diprediksi. (sar/bd)

Sumber : jateng.kemenag.go.di

Leave a Reply