MAN Purbalingga Turut Semarakkan Pawai Pembangunan


PURBALINGGA, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga ikut meramaikan Pawai Pembangunan yang digelar oleh Pemkab Purbalingga, Sabtu (25/8/2019). Sejumlah 150 siswa diterjunkan, terdiri dari perwakilan organisasi dan ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Mulai dari Paskibraka Mangga, 20 ekstrakulikuler, dan grup marching band, serta tek tek kentongan.

“Kami ingin turut berpartisiasi dalam mengisi kemerdekaan ini, jadi kami usahakan untuk selalu mengikutkan dalam acara seperti ini,” kata kepala Madrasah Mohamad Alwi, Sabtu Siang.

Sementara itu, Waka Humas MAN  Purbalingga, Drs H Solikhin MAg mengatakan, kontingen ini membawa tema yang sesuai dengan visi-misinya, yakni Tangguh Berkompetisi, Unggul Berprestasi, Cinta Lingkungan Asri, Mulia Dalam Budi Pekerti. Tetapi, untuk tema nasional adalah Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju.

“Jadi kami ikut sertakan seluruh perwakilan 20 ekstra kulikuler yang ada, selain itu kita kolaborasikan ada musik modern yaitu marching band, dan musik tradisional tek tek kentongan,” kata Solikhin, yang juga sebagai ketua pantia.

Keikutsertaan pada Pawai Pembangunan selain menyemarakkan HUT RI oleh Pemkab Purbalingga,  juga sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang yang telah memerdekakan bangsa Indonesia. Meski dibawah terik matahari, seluruh peserta tetap semangat menyelesaikan rute sampai di garis finis. “Beragam prestasi kami tunjukan, ini sebagai wujud kebanggaan atas keberhasilan pada peserta didik kami,” ujarnya.

Ditampilkannya marching band, dan kentongan dimaksudkan sebagai kolaborasi, antara modern dan tradisional. Di mana menunjukkan bahwa MAN Purbalingga, tetap menjaga kebudayaan namun juga tetap mengikuti perkembangan zaman. “Ini bentuk kolaborasi antara tradisional dan modern,” ujarnya. 

Sumber : https://satelitpost.com/regional/purbalingga/man-purbalingga-turut-semarakkan-pawai-pembangunan

Leave a Reply