Diklat Broadcasting dan Jurnalistik

Perbalingga-Ekstrakurikuler Radio Kemitraan MAN Purbalingga (RKM) bekerjasama dengan program Jalur Khusus (JK) MAN Purbalingga pada hari ahad (3/11/2019) mengadakan Diklat Broadcasting dan Jurnalistik. Diklat ini diadakan dengan tujuan membekali siswa agar mampu menulis berita yang baik dan layak dipublikasikan, baik dipublikasikan di media cetak maupun media elektronik.

Diklat ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan atas kerjasama antara RKM dengan program JK (Jalur Khusus). Peserta pelatihan ini adalah siswa JK kelas X dan siswa pemilih ekstrakurikuler RKM.

Dengan mengusung Tema Menciptakan Generasi yang Cakap Berkomunikasi dan Pandai Berinovasi diharapkan peserta didik MAN Purbalingga dapat berinovasi terutama dalam menggunkan media elektronik sebagai salah satu jalan untuk berlatih tulis-menulis dan membuat berita.

Pentingnya berita adalah sebagai salah satu branding madrasah agar madrasah terutama MAN Purbalingga lebih dikenal oleh masyarakat.

Menurut Drs. Sokadi selaku Waka Kesiswaan dalam membuka acara, generasi milenial saat ini harus melek teknologi, harus dapat mengembangkan skill yang dimiliki, seperti halnya para Youtuber yang sukses dengan skill yang mereka miliki.
“keberhasilan seseorang tidak hanya dari segi pengetahuan tapi juga keahlian atau skill” ucap beliau.

Narasumber Diklat Boardcasting dan jurnalistik ini adalah wartawan dari Radar Banyumas yaitu Budi dan Times Indonesia yaitu Amir M. Dalam materinya peserta diklat diajarkan cara menulis berita yang baik dan benar. Agar berita dianggap layak jual harus memuat setidaknya unsur 5W+1H. Berita yang dibuat juga berupa peristiwa aktual sehingga menjadi bacaan yang dibutuhkan masyarakat dan menjadi informasi yang terpercaya.

Penulis : Yusmaniar

Publisher : Mustofa Arifin

Leave a Reply