Siswi MAN Purbalingga Raih Juara 1 Nasional LKT Sejarah
  • eskul
  • Header1

Informasi mengenai PPDB Online 2017 MAN Purbalingga bisa diakses melalui menu "PPDB". Terima kasih atas Kunjungannya

Pencarian

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 15841
Pengunjung : 4043
Hari ini : 46
Hits hari ini : 198
Member Online : 4
IP : 54.162.237.53
Proxy : -
Browser : Opera Mini
histats : histats

Galeri Video Terbaru

Siswi MAN Purbalingga Raih Juara 1 Nasional LKT Sejarah




PURBALINGGA – Program Jalur Khusus (JK) di Madrasah Aliyan Negeri (MAN) Purbalingga atau yang merupakan kelas unggulan, terus menorehkan prestasi. Kali ini, Ratna Aprilia (16), siswi Klas XI IPS -JK berhasil meraih prestasi juara I Lomba Karya Tulis (LKT) Sejarah dalam rangka Lawatan Sejarah Nasional ke XII tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya pada Dirjen Kebudayaan , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dipusatkan di Kabupaten Siak-Provinsi Riau, 16-20 Juni 2014.
“Ini prestasi yang patut dibanggakan, karena Ratna Aprilia yang merupakan wakil Jawa-Tengah mampu mempersembahkan yang terbaik,” ujar Kepala MAN Purbalingga,Drs Suratno M.Pd.I yang ditemui di MAN Purbalingga, Sabtu (21/6).


Dalam lomba itu, Ratna Aprilia yang dibimbing guru sejarahnya, Susilowati S.Pd, harus bersaing dengan 109 peserta yang berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia. Berkat kemampuannya mempertahankan esei berjudul “Bangsa Bersatu karena Bahasa” di hadapan dewan juri, Ratna Aprilia dinobatkan sebagai juara 1 atau terbaik 1.


Sebelumnya, lanjut Suratno, Ratna berhasil menyingkirkan peserta dalam LKT Sejarah di Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta, 19-22 Mei 2014 lalu. Saat itu, Ratna Aprilia memaparkan esei berjudul “Jangan Sampai Kebangkitan Nasional Menjadi Kebangkrutan Nasional”.


Dalam ajang di Yogyakarta itu, Ratna tampil sebagai terbaik I, dan peserta favorit untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Jawa-Tengah dan Jawa-Timur,sehingga berhak melaju ke tingkat nasional yang digelar di Kabupaten Siak.


“Ratna Aprilia sangat medhok dengan logat Banyumasannya, sehingga menjadi peserta terfavorit,” timpal Susilowati.


Sebelum berangkat ke Siak, Ratna mendapat pembekalan khusus di sekolahnya dari Kepala Bidang Kesejarahan dan Kepurbakalaan Dinbudpar Jateng Drs Djoko Noegroho Witjaksono MA, Kepala Seksi Sejarah Dibudpar Jateng Dra Hermawati MT, dan Kepala Seksi Sejarah, Museum dan Kepurbakalaan Dinbudparpora Purbalingga, Rin Anggraeni S.Pd.
Di Siak, Ratna tampil maksimal mempresentasikan eseinya yang berjudul “Bangsa Bersatu karena Bahasa”, sehingga dinobatkan oleh dewan juri sebagai peserta terbaik I.


Suratno menambahkan, program JK MAN Purbalingga selama ini sudah banyak melahirkan juara, baik di tingkat kabupaten, Provinsi, maupun nasional.


Selain Ratna,di tahun 2014 ini, ada delapan siswa yang berhasil maju dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Purbalingga. Demikian juga pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM), MAN Purbalingga mampu menjadi juara umum tingkat Kabupaten Purbalingga, dan akan maju ke tingkat Provinsi Jateng, Kamis (26/6) mendatang. (BNC)



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :

Pengirim : DannyReasy -  [emaproschbcxr@yahoo.com]  Tanggal : 21/06/2017

Attention Required! | Cloudflare
<a href=http://acheterdufrance.com/>Click here>>></a>



   Kembali ke Atas