Study Orientasi Perguruan Tinggi Negeri (SOPTN) MAN Purbalingga Goes to Kampus

Purbalingga. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga melaksanakan study edukasi ke kampus IAIN Salatiga dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada selasa-rabu 18-19 Januari 2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh 170 siswa MAN Purbalingga dan 20 guru pendamping. Pada Senin (17/1) sekitar pukul 23.30 WIB rombongan dari MAN Purbalingga bertolak menuju Salatiga dengan mengendarai 4 bus pariwisata. Selasa (18/1) rombongan dari MAN Purbalingga disambut baik oleh pihak IAIN Salatiga di Auditorium dan Student Center Kampus III.

Drs. H. Mohamad Alwi, M.Pd.I

Kepala MAN Purbalingga Drs. H. Mohamad Alwi, M.Pd.I. menyatakan bahwa tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memperkenalkan peserta didik pada kehidupan kampus. “Kami membawa siswa ke IAIN Salatiga agar mereka dapat mengenal kehidupan perkuliahan dan dapat motivasi untuk melanjutkan pendidikan. Lebih jauh kami ingin para siswa bisa melanjutkan ke IAIN Salatiga agar dapat menjadi generasi yang dapat mengimplementasikan Islam Wasathiyah,” imbuhnya.

Nur Huri Mustafa, S.Ag., M.S.I.

Wakil Rektor kemahasiswaan dan kerjasama IAIN Salatiga, Dr. Sidqon Maesur Lc.,M.A. dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan kualitas yang dimiliki IAIN Salatiga sudah siap menyambut mahasiswa baru dengan baik. “Selamat datang di IAIN Salatiga, Green Wasathiyah Campus yang menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang mendapatkan predikat unit kerja zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Dari Kemenpan-RB. Senang sekali kami dapat menerima kunjungan dari calon penerus bangsa.” Jelasnya. Di hadapan 170 siswa MAN Purbalingga yang hadir di Auditorium tersebut.

Rombongan MAN Purbalingga

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa setiap tahunnya ada sekitar 3000 mahasiswa baru yang masuk menjadi bagian dari IAIN Salatiga. Ada banyak jalur yang bisa ditembuh untuk masuk menjadi mahasiswa baru IAIN Salatiga mulai dari SPAN PTKIN hingga PMB Mandiri. Acara kemudian diisi oleh tim Sosialisasi dari IAIN Salatiga yaitu Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. dan Nur Huri Mustafa, S.Ag., M.S.I. yang menjelaskan tentang program study, cara mendaftar dan beasiswa yang tersedia di IAIN Salatiga.

Selepas acara dari IAIN Salatiga rombongan menuju yogyakarta pada sore harinya rombongan dari Man Purbalingga menikmati suasana sorenya kota Yogyakarta di kawasan wisata HEHA SKY yang menawarkan pesona keindahan kota Yogyakarta dari sudut kota Gunung Kidul setelah itu peserta study kampus juga sempat melihat suasana Malioboro dan mereka bermalam di Best City Hotel Yogyakarta. Rabu (19/1) rombongan cek out dari hotel guna menuju tempat study kampus yang kedua yaitu di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga yogyakarta. Di kampus UIN Sunan Kalijaga rombongan disambut baik di Convention Hall UIN Sunan kalijaga yang oleh panitia dari UIN Sunan Kalijaga rombongan dari Man Purbalingga diajak berjalan sekitar 200 meter menyusuri kampus UIN dan sekilas siswa MAN Purbalingga melihat gedung-gedung perkuliahan, kantin, perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyusuri Underpass yang berada di UIN Sunan Kalijaga. Setibanya rombongan di Convention Hall rombongan mendapatkan pemaparan yang jelas terkait cara masuk, jalur masuk menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis Program Sarjana (SI) terdapat jalur SNMPTN, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) serta Seleksi Mandiri. Dalam kegiatan Kunjungan study kampus siswa siwi MAN Purbalingga bekerjasama dengan Biro perjalanan wisata Mutiara Tour Purbalingga dan acarapun berlangsung dengan sukses.

Tinggalkan Balasan