Pendidikan dan Pelatihan Kader Kesehatan Madrasah

(MAN Purbalingga)-  Sebanyak 60 siswa mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan kader kesehatan madrasah dari petugas kesehatan puskesmas Purbalingga dan PMI Purbalingga, minggu 6 Februari 2022.Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan tambahan pengetahuan tentang kesehatan sekaligus pengalaman belajar bagi para kader-kader kesehatan Madrasah yang tergabung dalam EkstraKulikuler PMR Wira dan UKS MAN Purbalingga.

Acara di buka oleh wakil kepala Madrasah bidang Kesiswaan Sigit Syamsul Yani Aji, S.Pd. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kader kesehatan madrasah harus bisa menjadi penggerak pola hidup bersih dan sehat di lingkungan Madrasah beliau juga mengenalkan profil dan peran PMR WIRA dan UKS MAN Purbalingga serta menjelaskan tentang TRI BAKTI PMR. Kegiatan pendidikan dan pelatihan kader kesehatan masyarakat adalah agenda tahunan yang rutin diadakan setiap tahun

Memasuki acara inti yang pertama yaitu materi, materi yang pertama diisi oleh narasumber dari dinas kesehatan Purbalingga dengan matri “Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” contohnya seperti  cuci tangan, warung dan kantin sekolah yang bersih, jamban dan kamar mandi yang bersih. Kemudian beliau juga menyampaikan agar melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Materi yang kedua disampaikan oleh narasumber dari Palang Merah Indonesia (PMI) dengan materi “Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)”. Untuk materi yang kedua nerasumber lebih banyak melakukan praktek dengan melibatkan para peserta diklat, sehingga kegiatan jadi lebih menarik dan menyenangkan. .Walaupun acara diadakan pada hari minggu namun para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, kegiatan yang dimulai pukul 07.30 – 14.00 berjalan lancar dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tinggalkan Balasan